Selasa, 27 November 2012

Manfaat Ilmu Biologi dalam Bidang Kedokteran dan Kesehatan

Menelisik pengertian Biologi atau ilmu hayat, yaitu ilmu yang mempelajari tentang aspek fisik kehidupan, maka ilmu ini sangat berperan penting dalam bidang kedokteran dan kesehatan. Berkat peran ilmu Biologi, berbagai masalah penyakit yang pada jaman dahulu sukar untuk dipahami peyebab dan cara pengobatannya, saat ini sudah banyak membantu para dokter dalam memahami penyebab dan gangguan tersebut.

Manfaat ilmu Biologi dalam bidang Kedokteran dan Kesahatan yang sangat berperan tersebut adalah terdiri dari beberapa cabang ilmu Biologi, diantaranya adalah ilmu anatomi dan fisiologi manusia, mikrobiologi, virologi dan patologi.

Berbagai contoh sumbangsih atau peran ilmu Bilogi dalam bidang Kedokteran dan Kesehatan dapat dilihat dari beberapa sederhana penjelasan berikut ini:
A. Teknik fertilasi invitro telah dapat diaplikasikan tidak hanya pada hewan ternak, tetapi telah dapat dilakukan pada manusia. Teknik ini dapat membantu pasangan suami istri yang sulit mendapatkan keturunan karena suatu kelainan. Fertilasi ini tentunya berasal dari gamet pasangan yang bersangkutan. Teknik karakterisasi dan pemisahan gamet sperma yang membawa kromosom X dan Y (penentu jenis kelamin keturunan) juga telah berhasil dilakukan. Teknik ini memungkinkan para pasangan suami isteri mendapatkan keturunannya dengan jenis kelamin tertentu.

B. Para penderita penyakit yang mengalami kerusakan pada salah satu organ tubuhnya, kini telah mendapatkan jalan keluarnya yaitu melalui teknik transplantasi (pencangkokan) organ. Transplantasi organ yang sudah berhasil dilakukan oleh para dokter adalah pencangkokan ginjal, jantung, sumsum tulang belakang maupun hati.

C. Virologi pun telah memberikan sumbangannya pada dunia kedokteran, dengan mendasari pengetahuan dalam usaha menciptakan vaksin-vaksin. Misalnya pada kasus yang baru saja terjadi yaitu mengenai Virus Flu Burung. Sebuah surat kabar memberitakan bahwa Virus Flu Burung atau disebut jugaVirus Avian Influenza, yang hanya dapat diteruskan kepada manusia melalui kontak yang sangat dekat, telah dapat ditemukan vaksinnya oleh para pakar Imunologi dan Bioteknologi di Badan Kesehatan Dunia (WHO). Caranya adalah dengan menggabungkan gen Avian dengan gen flu pada manusia agar menjadi ‘aman’. Mereka mengambil satu gen virus flu burung kemudian menggantikan gennya tadi dengan gen flu manusia. Hasil dari kombinasi virus buatan ini kemudian dipersiapkan sebagai basis untuk pembuatan vaksinnya.

D. Mikrobiologi kedokteran telah berhasil mengidentifikasi beberapa jenis mikroba yang menyebabkan penyakit pada manusia maupun hewan. Dengan demikian, antibiotik untuk mikroba-mikroba tersebut dapat dibuat.
Dari beberapa contoh manfaat ilmu biologi dalam bidang kedokteran dan juga pada bidang kesehatan yang sudah ditulis diatas mungkin hanya sebagian dari banyak manfaat ilmu Biologi terhadap kedua bidang yang mempunyai hubungan erat dengan kehidupan manusia tersebut. Bagi anda yang ingin menambahkannya, silahkan mengisi tuliskan pendapat anda melalui kolom komentar dibawah tulisan ini. Salam ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar